Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutor QGIS | Cara Instalasi "pip" di QGIS Versi 3.2.3

Halo, Sobat semua. Kembali lagi di blog ini, setelah sekian lama saya tidak menulis.
Saya akan berbagi tentang cara instalasi pip di QGIS versi 3.2.3 pada tulisan kali ini. Sebetulnya, tulisan ini bertujuan untuk membantu teman-teman saya yang kesulitan dalam mengikuti tutorial dalam Mata Kuliah Pilihan Analisis Spasial di sekolah saya. Siapa tahu, tulisan ini juga bisa menjangkau pembaca dalam lingkup yang lebih luas.

Sebuah "pip" perlu kita install terlebih dahulu sebelum menggunakan tool Support Vector Machines di plugin Dzetsaka dalam QGIS. Saat instalasi pip ini, saya berhasil di QGIS versi 3.2.3. Namun gagal untuk meng-install-nya di QGIS versi 2.18.28. Saya tidak tahu mengapa. Untuk mempraktikkan instalasi pip ini, Sobat bisa mengikuti saya untuk mempraktikkannya di QGIS versi 3.2.3 dulu. Jika pip ini tidak di-install, maka di plugin Dzetsaka hanya akan muncul tool Gaussian Mixture Model saja, dan tidak akan muncul tool Support Vector Machines, Random Forest, dan K-Nearest Neighbors.


Sebagai langkah awal, Sobat bisa mengunduh folder pip terlebih dahulu di di link Google Drive ini:

[Link download folder pip]
Saya meng-compress-nya ke bentuk .zip, sehingga Sobat bisa langsung meng-extract-nya setelah berhasil diunduh.

Kita akan menaruh folder pip tersebut (tentunya setelah Sobat extract), ke dalam Local Disk (C:). Cukup di-paste sebagaimana screenshot ini:

Taruh folder pip di Local Disk (C:)

Jika Sobat mengintip ke dalam folder pip tersebut, maka akan muncul file "get-pip.py" di dalamnya, seperti ini:
Isi dari folder pip

Okay, sekarang kita membuka OSGeo4W Shell dulu. Kita akan mulai menginstall pip-nya. Kita harus buka OSGeo4W Shell dengan "Run as administrator." Pertama, kita klik kanan ikon OSGeo4W Shell yang ada di Start Menu, lalu klik "Run as administrator." Jika opsi itu tidak tersedia, Sobat bisa klik "Open file location" dan melakukan "Run as administrator" di dalam foldernya.
Run as administrator QGISGeo4W Shell

Dalam window "Administrator: OSGeo4W Shell, ada beberapa perintah yang perlu ketikkan, sebagai berikut:
py3_env.bat (kemudian Sobat tekan Enter);

cd\ (kemudian Enter)

cd pip (Enter lagi)

python get-pip.py (Enter. Setelah perintah ini, jika Sobat belum pernah meng-install pip sebelumnya, maka akan muncul tanda loading hingga 100%. Jika sudah pernah, maka tampilan window Sobat akan seperti gambar di bawah nanti).

pip install scikit-learn (Enter lagi. Akan muncul tanda loading lagi, tunggu hingga 100%. Jika sudah pernah meng-install-nya, maka akan muncul output seperti gambar di bawah).
Perintah instalasi pip

Jika selesai sampai tahap ini, "Selamat, Sobat berhasil install pip." Sekarang di QGIS Sobat, setelah install plugin Dzetsaka, akan muncul tool Support Vector Machines, Random Forest, dan K-Nearest Neighbors yang bisa Sobat gunakan untuk machine learning terhadap citra satelit.

Sekarang, kita coba untuk install plugin Dzetsaka dulu. Buka QGIS versi 3.2.3 Sobat, kemudian klik toolbar "Plugins." Kemudian klik "Manage and Install Plugins..." Saya sudah pernah meng-install plugin Dzetsaka, sehingga sudah ada nama plugin tersebut tercantum di toolbar saya. Kemudian tunggu progress loading di window "Fetching repositories" sampai selesai. 
Buka "Manage and Install Plugins..."

Tunggu loading plugin

Sobat kemudian ketikkan "dzetsaka" di kolom search, dan klik pilihan plugin "dzetsaka: Classification tool." Klik "Install plugin" di pojok kanan bawah. Lagi-lagi saya sudah meng-install-nya, sehingga ada tulisan "Uninstall plugin" dan "Reinstall plugin" di window saya.
Search dan pilih Dzetsaka, kemudian klik Install "Plugin"

Kini, saatnya Sobat membuktikan berhasil tidaknya plugin Dzetsaka membuka tool Support Vector Machines dan kawan-kawannya. Buka tool "Plugins," kemudian pilih "dzetsaka" dan klik "classification dock."
Membuka "classification dock" dzetsaka

 Kemudian akan muncul kotak "dzetsaka : classification tool." Sobat klik ikon "Setting," kemudian perhatikan di menu drop-down pada kolom "Classifier." Apakah ada Random Forest, Support Vector Machines, dan K-Nearest Neighbors? Jika iya, maka Sobat telah berhasil meng-install pip untuk keperluan penambahan tool machine learning di QGIS versi 3.2.3.

Sekian saya menutup tulisan kali ini, tentang cara instalasi pip di QGIS versi 3.2.3. Semoga bermanfaat. Salam hormat!
***

Post a Comment for "Tutor QGIS | Cara Instalasi "pip" di QGIS Versi 3.2.3"